Formula dan Fungsi Dasar pada Microsoft Office Excel

Bekerja Dengan Rumus (Formula) Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ...

Bekerja Dengan Rumus (Formula)

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi.
 

Operasi Penjumlahan

  •  Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel.





  • Pada cell C3, ketik rumus berikut ini.



  • Lakukan hal yang serupa untuk kolom berikutnya atau bisa tarik langsung ke bawah.





Operasi Pengurangan

  • Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel
  • Pengurangan dilakukan dengan mengurangi Kolom 1 dengan Kolom 2.

  • Lakukan hal yang serupa untuk kolom berikutnya atau bisa tarik langsung ke bawah.


Operasi Perkalian
  • Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel
  • Perkalian dilakukan dengan mengalikan Kolom 1 dengan Kolom 2.




  • Lakukan hal yang serupa untuk kolom berikutnya atau bisa tarik langsung ke bawah



Operasi Pembagian
  • Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel
  • Pembagian dilakukan dengan membagi Kolom 2 dengan Kolom 1.


  • Lakukan hal yang serupa untuk kolom berikutnya atau bisa tarik langsung ke bawah



Penggabungan Operasi Aritmatika
  • Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel
  • Tahap 1 adalah penjumlahan dari Kolom 1 dan Kolom 2.

  • Setelah mendapatkan hasil pada Tahap 1, cell ini adalah hasil penjumlahan Kolom 1 dengan Kolom 3.


  • Tahap 2. cell ini adalah hasil pembagian Tahap 1 dengan Kolom 3.




Operasi Aritmatika Lanjut


  • Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel

  • Rata‐rata dihitung dengan cara menjumlahkan ketiga nilai, kemudian dibagi 3. Jika ditulis formulakan seperti di bawah ini. Rata‐rata =(Nilai 1 + Nilai 2 + Nilai 3)/3


  • Dan hasilnya, lihat gambar di bawah ini.






A. Fungsi Statistika



A. Fungsi SUM( )


  • Ketikkan di lembar kerja anda seperti di bawah ini:
  • Kemudian di sel A8 masukkan fungsi =sum(A3:A8) kemudian enter, fungsi sum() berfungsi menjumlahkan semua data yang ada dalam range yang dimaksud.





B. Fungsi Average ( )


  • Dari data sebelumnya kita akan belajar membuat fungsi average (). Ketikkan di D2, =average (A2:C2) kemudian enter.
  • Kemudian gandakan di sel D4, D5, D6,dst. Dari latihan ini kita tahu fungsi Average ( ) adalah mecari rata‐rata dari sejumlah nilai.



C. Fungsi Max( )

  • Fungsi Max () ini berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari sejumlah data. Untuk mengetahuinya, ketikkan di lembar kerja anda.





D. Fungsi Min( )

  • Menggunakan data yang ada sebelumnya, gantikan isi sel dengan: “Harga Terkecil”.





E. Fungsi Count( )

  • Kemudian kita akan belajar tentang fungsi count() yang menghitung banyaknya bilangan dalam sejumlah data. Gantikan sel A8 dengan “Banyaknya Barang”.



















You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images